Tuah Keris pamor udan mas benar benar sangat terkenal di dunia perkerisan dan dipercaya ber tuah mendatangkan rejeki serta bakat untuk menjadi kaya raya. Karena tuahnya tersebutlah, keris pamor udan mas khususnya Keris Sepuh banyak dicari oleh orang. Terutama oleh para pedagang dan pengusaha.

Pamor Udan Mas Di Dunia Perkerisan

Para pemilik Keris Pamor Udan Mas memiliki segenggam harapan dengan bisa menambah akal budi, kecerdikan, serta memberi rasa percaya diri dalam mencari jalan rejeki dan segera menjadi kaya raya. Oleh sebab itulah pamor udan mas banyak dilirik dan dikoleksi oleh para kolektor tosan aji diseluruh Indonesia

Gambaran Keris Pamor Udan Mas

Bentuk Keris Pamor Udan Mas berupa bulatan-bulatan kecil yang tersebar di seluruh permukaan bilah keris. Dimana bulatan-bulatan itu terdiri dari lingkaran / pusaran bersusun atau gelang-gelang yang berlapis. Paling sedikit ada 3 lapisan susun lingkaran atau lebih. Untuk yang tergolong pamor Tiban, biasanya letak bulatan-bulatan itu berserak tidak beraturan. Hampir sama dengan atau bisa dianggap sebagai pengembangan dari pamor Wos Wutah (Beras Wutah) tiban yang merata, tidak berlubang atau membentuk sebuah cekungan. Karenanya pamor ini sering pula berkombinasi dengan pamor Wos Wutah ataupun Tunggak Semi. Sedangkan pamor Udan Mas yang beraturan (seperti umumnya motif pola 2-1-2) dikatakan tergolong kepada pamor Rekan yang sudah dikehendaki dan dirancang terlebih dulu. Karenanya juga, pamor Udan Mas kadang dijadikan pamor sekunder atau titipan/ susulan.
Bentuk bulatan atau lingkaran dalam filosofi tosan aji dikatakan melambangkan sesuatu yang bersifat keduniaan, lambang Tuah Pamor Udan Mas harapan atas rejeki dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Tuah Pamor Udan Mas

Keris Pamor Udan Mas sangat memiliki nilai ajaran yang luhur. Ini tergambar dari bulatan-bulatan pamornya yang berlapis bagaikan obat nyamuk, dimana simbol tersebut bisa dibaca atau dimaknai bahwa individu harus memiliki kepekaan terhadap sekitarnya. Disini ada ajaran bahwa manusia harus bisa berguna bagi makhluk Tuhan lainnya. Ada ajaran berbuat sedekah di dalam pamor Udan Mas ini. Dapat dilihat dari namanya, sedekah itu bagaikan “hujan emas” bagi penerima maupun pemberinya. Hujan itu mendinginkan, menentramkan, seperti halnya shodaqoh yang bisa mendinginkan dan melembutkan hati. Maka sangat tidak mengherankan jika pamor ini sangat bertuah kerejekian, asal sang Pemegang Keris Pamor Udan Mas mampu berbuat seperti di atas. Dikatakan juga bahwa pamor merupakan bentuk-bentuk rajah yang bisa mendatangkan aura tertentu. Mungkin rajah dengan bentuk bulatan-bulatan tersebut merupakan pemicu munculnya aura kerejekian, sehingga pamor Udan Mas baru pun bisa memancing keluarnya aura tersebut. Tentu saja harus didasari dengan kemantapan hati serta semuanya tetap bersarah pada yang maha kuasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *